Tips Cara Merawat Komputer

admin
Cara Merawat Komputer

Cara Merawat Komputer Dengan Benar, Hampir dari semua pekerja ataupun pelajar saat ini menggunakan perangkat komputer atau laptop untuk melaksanakan kegiatan sehari hari, dari pekerja bahkan sampe pelajar sekalipun, untuk itu merawat dan menjaga kestabilan komputer sangatlah penting untuk kita semua yang menggukan perangkat ini seperti PC atau Notebook.

Untuk Menjaga dan merawat komputer atau notebook tidaklah jauh berbeda pada dasarnya keduanya sama dari cara kerjanya, maka itu untuk merawatnya hampir dikatakan sama saja, hanya yang membedakan dari segi bentuk atau rupa, untuk komputer/pc memiliki bentuk yang agak besar jika dibandingkan dengan notebook/laptop yang rupanya agak slim dan tipis.

Fungsi Merawat komputer sangatlah berpengaruh sebagai kinerja dan kecepatan pada perangkat itu sendiri, jika komputer itu dirawat dan di maintenance maka kestabilan dan speed akan lebih baik ketimbang perangkat komputer tersebut tidak di perhatikan atau dirawat.

Cara Merawat atau Maintenance Komputer 

1. Rutin / Scadule Bersihkan CPU

CPU atau perangkat komputer lakukan scadule rutin setidaknya 3 sampai 6 bulan sekali untuk melakukan pembersihan pada CPU, Kenapa haru di bersihkan karena CPU semakin hari dipakai debu atau kotoran pun semakin menumpuk, hal ini bisa mempengaruhi kinerja atau speed komputer, karena perangkat seperti RAM, Mainboard terkena atau tersumbat dengan debu.

2. Matikan Komputer Dengan Benar

Hal ini sangat memperngaruhi kestabilan komputer dan menjaga kerusakan pada komputer, Kenapa komputer cepat JEBOL power supplynya? karena sering terjadinya mati dengan kondidi mendadak seperti Mati paksa dengan menekan tombol power langsung, MATI Karena mati lampu , hal ini juga sama bisa menyebabkan kerusakan komputer lebih cepat, untuk menceggahnya pakailah UPS atau stabilizer untuk menstabilkan Aliran listrik pada PC anda.

Pakai UPS ? kenapa disarankan menggunakan perangkat tambahan, walau tidak menggunakan perangkat UPS ini pun komputer bisa stabil, TETAPI jika di tempat kerja anda sering mengalami listrik down atau mati lampu maka anda di anjurkan untuk menggunakan UPS untuk meminimalisir kerusakan pada perangkat Komputer anda.

3. Buang Aplikasi atau Software Yang Tidak Perlu

Cara ini sangat ampuh untuk merawat komputer lebih stabil, Kenapa harus sering mengecek atau menghapus software yang tidak perlu? karena dengan anda meminimalkan software di dalam system komputer anda tentu kinerja operasi system akan lebih cepat dan stabil, terkadang software yang belum familiar digunakan bisa membuat speed atau kinerja komputer anda menjadi lambat.

4.  Perhatikan Pendingin atau Ventilasi Komputer

Hal ini sangat besar mempengaruhi kinerja system windows, karena dengan suhu yang panas otomatis kinerja system akan menjadi lambat, maka sering sering di kontrol untuk melakukan perawatan pada pendingin atau ventilasi pada komputer.

5.  Meminimal Browsing Ke Situs XXX

Hal ini bisa mengakibatkan komputer anda di serang virus karena di situs tersebut banyak terdapat malware atau virus tersembunyi yang mengakibatkan komputer anda menjadi sering bermasalah , seperti Ngehank, Mati Tiba tiba dll.

6. Pasang Anti VIRUS 

Antivirus sangat berperan penting untuk menjaga komputer anda dari serangan virus virus dari manapun sumbernya, terkadang virus bisa berasal dari USB, Jaringan, Browser dll, tetapi pakailah antivirus yang ringan agar komputer anda tetap stabil dan ringan, jangan memilih antivirus yang berat yang bisa menyebabkan kinerja system windows menjadi berat.

7. Scadule Rutin Membuang Sampah (Recycle Bin)

Langkah ini harus diperhatikan pula, terkadang sebagian dari pemakai tidak memperhatikan hal ini, simple tetapi berdapatk terhadap kestabilan dan kecepatan pada kinerja komputer atau notebook, karena semakin lama tidak di bersihkan semakin menumpuk di DISK C anda yaitu di recycle bin, lakukan langkah ini agar komputer tetap stabil dan cepat.

8. Aktifkan System Restore


Hal ini hanya untuk antisifasi mencegah hal yang tidak di inginkan, seperti system windows anda bermasalah yang di karenakan banyak sebab maka aktifkanlah system restore pada komputer anda, jika system bermasalah anda bisa merestore ke hari sebelum komputer anda bermasalah, Caranya : My Computer > Klik kanan > System Protection > System Restore

9. Untuk Pengguna Laptop jauhi pemakaian Di Atas Kasur

Hal ini sering sekali di lupakan atau tidak di perhatikan oleh pengguna laptop, Mengapa TIDAK boleh Memakai di Atas Kasur? hal ini dikarenakan saat laptop dipakai tidak ada udara yang bisa dibuang oleh laptop sedangkan perangkat laptop saat bekerja pasti mengeluarkan panas dari ventilasi udara, sedangkan di kasur dan yang berbahan lembut tidak bisa menyerap panas jadi kerusakan pada perangkat sangat cepat terjadi.

10. Memakai Komputer jangan Terlalu Lama Di Suhu Panas

Mengapa disarankan jangan terlalu panas, karena komputer saat system beroperasi pasti mengeluarkan suhu panas seharusnya komputer di imbangi dengan suhu ruangan yang dingin dan sejuk agar ke stabilan tetap terjaga, jika hal ini tetap di lakukan maka komponen terlalu panas karena suhu yang panas bisa berakibat merusak hardware.

11. Hindari MenCas Laptop Saat Digunakan

Hal ini sangat sering dilakukan pada semua pengguna laptop, dan banyak yang bertanya KENAPA laptop atgau notebook saya batere sering rusak atau bergelembung? Jawabanya karena menggunakan system windows tersebut sering berbarengan dengan mencas, Tipsnya jangan terlalu sering melakukan seperti ini jika anda ingin merawat atau maintenance komputer anda.

12. Jangan Meletakan Benda Di Atas Laptop

Hal ini sangat di cegah jangan sesekali meletakan barang apalagi barang tersebut memiliki berat yang berlebihan, hal ini bisa berakibat merusak LCD pada laptop anda karena beban yang berat LCD pun rusak.

13. Jauhi Benda Cair dari Laptop

Hal ini terkadang di spelekan oleh para pengguna, meletakan air terlalu dekat dengan laptop padahal jika saja air tersebut mengenai keyboard apalagi terkena isi di dalam komputer seperti mainboard sudah dipastikan laptop tersebut MATI atau rusak.

14. Lakukan Defragmentation Secara Rutin

Hal ini salah satu cara merawat komputer dengan baik, defrag bertujuan untuk mengurutkan data file data untuk mempermudan proses read atau write pada komputer anda, sehingga komputer bisa tetap terjaga kestabilan dan speed nya. Caranya : My Computer > Disk Partisi D klik kanan > Properties > Defragment Now

Dengan cara ini juga sangat baik untuk menjaga kerusakan pada Hard-disk anda tentunya mampu mencegah dan memperpanjang Umur Hard-disk.

Seperti itulah Bagaimana Cara Merawat atau Maintenance Komputer dengan benar, semoga ulasan yang singkat ini bisa di praktekan di dunia kerja kita agar komputer atau laptop kita lebih stabil dan memiliki speed yang baik.

Komentar