Aktifkan kartu SIM terblokir menggunakan kode PUK dengan mudah

admin
Overpins.com : Aktifkan kartu SIM terblokir menggunakan kode PUK dengan mudah, - Sebagai pengguna kartu seluler, kamu barangkali akrab dengan istilah kode PUK. Kode ini dipakai buat membuka kartu SIM yang terblokir.

Tidak sedikit orang pernah salah memasukkan PIN kartu SIM. Operator cuma memberi 3x peluang, jika seluruhnya tidak berhasil, kartu akan terblokir.

Sebenarnya, cara ini dilakukan buat menghindari kartu SIM-mu diutak-atik oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Karena itu, sudah semestinya pemilik kartu ingat PIN-nya sendiri.

Tenang, jika sudah telanjur, kamu bisa buka kembali blokir kartu SIM-mu dengan kode PUK. Baca langkah mendapatkannya di artikel berikut!
Aktifkan kartu SIM terblokir menggunakan kode PUK dengan mudah

Apa Itu Kode PUK?

Kode PUK merupakan kode unik yang dimiliki setiap kartu SIM. Saat kamu beli kartu perdana, kamu bakal memperoleh nomor PIN dan PUK untuk keamanan kartumu.

Umumnya, kode PUK dipakai buat membuka kartu SIM yang terblokir. Tetapi, ada pula pengguna yang meminta kode PUK lantaran mau berpindah layanan seluler serta masih menggunakan nomor HP yang serupa.

Kode yang juga dikenal sebagai Personal Unlock Key ini terdiri dari 8 digit angka berbeda serta diatur langsung oleh operator jaringan seluler. PUK berperan sebagai perlindungan lapis ke-2 pada SIM.

Sewaktu ada orang main-main yang ingin mendapatkan akses ke kartu SIM-mu, ia harus masukkan PIN terlebih dahulu. Bila salah 3x, maka harus masukan kode PUK.

Sehingga meskipun PIN kartumu terpampang serta diketahui seseorang, namun bila tidak paham kode PUK-nya, kartu SIM-mu dapat dipastikan masih aman.

Kode PUK Lihat Di mana?

Umumnya, kalau kamu baru beli kartu perdana, info kode ini diikutkan bersama PIN kartu SIM tersebut. Bila kartumu terlanjur terblok, kamu dapat memperoleh kode PUK melalui aplikasi operator.

Kamu juga dapat langsung mengontak CS operator terkait. Namun, sebelum memperoleh kode ini, kamu mesti memahami banyak hal terlebih dahulu:

  1. Masukan kode PUK hanya jika kamu mendapatkan pemberitahuan bahwa kartu SIM-mu terblok
  2. Berhati-hati saat menginput kode PUK. Apabila kamu salah masukkan kode ini 3x, maka kartu SIM bakal benar-benar terblok.
  3. Bila kamu salah masukkan kode ini sebanyak 10 kali, kartu SIM kamu tak akan bisa dipakai lagi.

Cara Mengetahui Kode PUK Telkomsel 2022

Nah, overpins bakal berikan langkah buat mengetahui apa kode PUK Telkomsel. Ada 2 langkah yang dapat kamu kerjakan.

1. Lewat Veronika (Asisten Virtual Telkomsel)

Langkah ini overpins kutip langsung dari situs resmi Telkomsel, jadi 100% works. Kamu bakal memakai fitur Veronika, yang dapat diakses di link berikut ini.

  1. Facebook Messenger
  2. Telegram
  3. Situs Web
  4. Aplikasi MyTelkomsel

Nah, berikut langkah memperoleh kode PUK Telkomsel 8 digit melalui fitur Veronika:

  1. Kunjungi satu diantara link di atas
  2. Ketik Hai
  3. Tulis Informasi PUK
  4. Pilih satu diantara metode verifikasi yang dibutuhkan, PIN T-Care, Nomor Telepon atau Tanggal Lahir
  5. Veronika bakal mengirimkan Info PUK kamu

2. Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Kamu juga dapat memeriksa kode PUK Telkomsel melalui section profile di aplikasi MyTelkomsel. Ini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel
  2. Masuk tab Menu
  3. Klik simbol edit di atas kanan layar
  4. Kode PUK bakal tampak (kode 1 dan 2)

Bagaimana Cara Mengetahui Kode PUK 3 (Tri)?

Ada minimal empat trik buat memperoleh kode PUK Tri. Sebelumnya, siapkan dulu nomor 3 dan kode ICCID (Integrated Circuit Card Identifier) berupa 16 digit berada di belakang kartu SIM.

Kalau sudah, silahkan baca langkah mendapatkan PUK-nya di bawah. Kamu tinggal sampaikan saja tujuanmu, yaitu untuk minta kode PUK.

  1. Hubungi 123 (Rp300 per panggilan)
  2. Hubungi 0896 44000 123 (berbayar berdasarkan durasi waktu telepon)
  3. Request kode PUK ke 3care@three.co.id
  4. Datang langsung ke 3Store

Cara Memperoleh Kode PUK Indosat Ooredoo

Persis seperti kartu Tri, kamu dapat memperoleh kode PUK Indosat Ooredoo lewat channel sosial media dan customer service. Sebelumnya, pastikan kamu telah menulis nomor HP Indosat dan code ICCID-mu.

Kamu bisa langsung menghubungi CS Indosat di nomor 100 (berbayar). Langsung sampaikan kepentinganmu, untuk meminta kode PUK. Jelaskan juga keadaan mengapa kamu harus minta kode tersebut.

Diluar itu, kamu bisa membuka link berikut dan sampaikan keluh kesah langsung ke CS Indosat:


Cara Lihat Kode PUK Kartu XL

Pengguna XL bisa menggunakan kode dial (UMB) dan aplikasi MyXL untuk mengetahui kode 8 digit ini. Langkah membuka kode PUK dapat kamu baca di bawah!

1. Akses UMB

Kamu tak perlu menginstal apapun buat memperoleh kode PUK XL ini, cukup buka dial dan ikuti petunjuk berikut ini:

  1. Ketik ***123#**
  2. Pilih MyInfo
  3. Pilih Informasi Kartu XL-ku
  4. Pilih Detil Nomor XL Anda
  5. Pilih Cek Profil
  6. Pilih PUK

2. Aplikasi MyXL

Sebelum memanfaatkan langkah berikut, kamu mesti mendownload aplikasi MyXL terlebih dahulu di Google Play Store atau Apps Store.

Kemudian, kamu dapat memilih Informasi dan Bantuan, pilih PUK, lalu ikuti panduan selanjutnya buat membuka kode PUK yang terblok.

Langkah Mendapatkan Kode PUK AXIS 2022

Terakhir, ada trik mendapatkan kode PUK AXIS. Kamu bisa melalui akses UMB, aplikasi AXISnet, serta menghubungi call-center. Buat cek lewat kode UMB, kamu mesti membuka dial pad HP-mu terlebih dahulu. Selebihnya, ikuti cara berikut ini:

  1. Tekan *123#** lalu **OK
  2. Pilih MyInfo
  3. Pilih Informasi Kartu AXIS-ku
  4. Pilih Detil Nomor AXIS Anda
  5. Pilih Cek Profil
  6. Pilih PUK

Buat cek lewat AXISnet, kamu perlu mendownload dan menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Kemudian, periksa Informasi serta Bantuan dan pilih PUK. Apabila tetap belum berhasil, silahkan kontak call-center AXIS di 818, 817, atau 883.

Akhir Kata

Cara cek kode PUK kartu SIM nyatanya mudah, kan? Pada dasarnya, kamu perlu menghubungi pihak call-center operatormu dan persoalan bakal kelar!

Jika dirasa terlampau merepotkan dan makan banyak biaya, kamu bisa memanfaatkan sosial media. Kamu dapat juga cek code ini di dial pad atau aplikasi operator selulermu.

Kalau sudah mendapatkan nomor PUK, kamu mesti menyimpannya dengan baik di area yang kamu ingat. Jangan sampai memberi tahu info PUK ke siapapun, ya!
Komentar