Tips Mengatur Keuangan Pribadi untuk Karyawan Berpenghasilan Tetap

admin
Overpins.com : Menurut analisis dari Expert Market, waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang miliarder bervariasi di setiap negara. Sebagai contoh, di Inggris, seorang pegawai biasa membutuhkan waktu hingga 348.063 tahun untuk memiliki kekayaan yang sama dengan para miliarder.

Sementara di Brasil, seorang pegawai dengan gaji rata-rata 1,95 poundsterling per jam, memerlukan waktu selama lima juta tahun untuk mencapai kekayaan senilai 19 miliar poundsterling.

Namun, Harv Eker adalah seorang pengusaha yang mampu mengumpulkan jutaan dolar AS hanya dalam waktu 2,5 tahun.

Dia berhasil meraih kesuksesan dengan mengubah kebiasaan dirinya dari yang tadinya hanya menikmati penghasilan pasti menjadi seseorang yang terus mencari peluang meski dalam ketidakpastian.

Dalam buku "Secrets of the Millionaire Mind", dikatakan bahwa tujuan yang rendah tidak akan membuat Anda kaya. "Jika tujuan Anda hanya untuk bertahan hidup, maka itulah yang akan Anda dapatkan, tidak lebih dari itu."

Orang biasa cenderung ingin menjaga kekayaan mereka, sementara orang kaya lebih suka menginvestasikan uang mereka agar semakin bertambah banyak. "Tujuan orang kaya adalah memiliki kekayaan besar dan kelimpahan, bukan hanya uang, tapi banyak uang," kata Harv Eker.

Kekayaan tidak hanya ditujukan untuk orang yang memiliki ratusan juta, tetapi juga dapat dicapai oleh orang dengan gaji yang pas-pasan. Caranya adalah dengan menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan yang dimiliki.

Hal yang harus diingat adalah bahwa Anda tidak akan menjadi kaya jika pengeluaran melebihi pendapatan. Untuk mencapai kekayaan, perlu menabung, merencanakan keuangan dan memiliki pemahaman yang baik tentang finansial.

Menabung merupakan hal yang penting untuk kehidupan masa depan, namun bagaimana cara mengelola keuangan dan menabung ketika gaji pas-pasan? Jawabannya adalah dengan memiliki niat yang kuat untuk menabung, karena pada dasarnya menabung dapat dilakukan oleh siapa saja.
Tips Mengatur Keuangan Pribadi untuk Karyawan Berpenghasilan Tetap

Tips Mengatur Keuangan Pribadi untuk Karyawan Berpenghasilan Tetap


Utamakan Membuat Anggaran Belanja

Untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu, sebaiknya kamu membuat anggaran belanja terlebih dahulu sebelum mengeluarkan uang.

Anggaran ini harus mencakup semua kebutuhanmu setiap bulan, baik yang pokok maupun sekunder atau tersier, seperti belanja, perawatan kendaraan, dan biaya gym bulanan.

Agar pengeluaranmu tidak melebihi anggaran yang sudah ditentukan, kamu perlu mengalokasikan gaji per kebutuhan yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan begitu, kamu bisa mengontrol keuanganmu dengan lebih baik dan mencegah pengeluaran yang tidak perlu.

Sesuaikan Kebutuhan untuk Menekan Pengeluaran

Bagian terpenting dalam mengelola keuangan adalah membagi-bagi pengeluaran dari total gaji yang diterima. Hal ini dapat mencegah terjadinya pengeluaran yang berlebihan selama satu bulan penuh dan berfungsi sebagai kontrol ketika mengeluarkan uang.

Misalnya, jika gaji bulanan sebesar Rp 5 juta, sebaiknya disisihkan terlebih dahulu untuk membayar kosan, menabung, dan kebutuhan sehari-hari. Penting untuk tetap menjaga pengeluaran, tidak peduli seberapa besar gajinya.

Sebagai contoh, jika pengeluaran bulanan sebesar Rp 2.500.000 dan gaji bulanan sebesar Rp 5.000.000 dengan tabungan sebesar Rp 1.500.000, ketika gaji naik menjadi Rp 6.000.000 maka yang harus meningkat adalah besaran tabungan, bukan pengeluaran.

Beli Barang yang Lebih Rendah dari Kemampuan

Usahakan mencari harga yang lebih murah dari kemampuanmu jika ada barang yang menarik dan kamu butuhkan. Diskon atau promo-promo tertentu dapat dimanfaatkan untuk memperoleh harga yang lebih murah.

Selain itu, membeli barang yang lebih terjangkau dari kemampuanmu dapat membantu meningkatkan tabungan dan mengurangi perilaku konsumtif.

Hitung Pengeluaran dan Sisa Gaji

Dengan melakukan perhitungan pengeluaran dan menyisihkan gaji secara teratur, akan membantu Anda memiliki batasan dan kontrol terhadap pengeluaran. Dengan begitu, Anda juga dapat mengetahui dengan jelas berapa total pengeluaran per bulan dan sisa gaji yang masih tersisa di dompet.

Untuk memudahkan pencatatan pengeluaran, Anda bisa menggunakan aplikasi keuangan. Dengan begitu, setiap kali Anda melakukan pembelanjaan, Anda dapat mencatatnya secara langsung, sehingga jejak pengeluaran dapat tercatat secara rapi, jelas, dan terperinci.

Kesimpulan

Nah, itu dia ulasan terkait tips mengatur keuangan pribadi untuk karyawan berpenghasilan tetap dari Overpins.com. Waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang miliarder bervariasi di setiap negara, dan bahwa seseorang dapat mencapai kekayaan dengan menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan yang dimiliki, menabung, merencanakan keuangan, dan memiliki pemahaman yang baik tentang finansial.

Orang kaya cenderung menginvestasikan uang mereka agar semakin bertambah banyak, sedangkan orang biasa cenderung ingin menjaga kekayaan mereka.

Untuk mengelola keuangan pribadi, penting untuk membuat anggaran belanja, menyesuaikan kebutuhan untuk menekan pengeluaran, membeli barang yang lebih rendah dari kemampuan, dan menghitung pengeluaran dan sisa gaji secara teratur.
Komentar