Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word dengan Mudah dan Cepat

admin
Overpins.com : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word dengan Mudah dan Cepat, - Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Office Word merupakan hal wajib yang perlu diketahui. Apalagi, saat sedang membuat tugas laporan skripsi.

Disamping membuat daftar pustaka, adanya daftar isi juga berguna untuk memudahkan pembaca dalam menemukan halaman yang akan dicari.

Namun masalahnya, membuat daftar isi itu tak semudah seperti apa yang kita bayangkan apabila membuatnya dengan cara manual. Pasti ada saja kesalahan yang bakal timbul.

Contohnya seperti kesulitan mengatur nomor halaman serta mengatur titik-titik yang terkadang tidak sejajar. Oleh sebab itu, Overpins kali ini bakal membagikan tips bagaimana cara membuat daftar isi di Word dengan mudah dan cepat.

Sehingga, kamu tidak akan kesulitan dalam mengikuti cara membuat daftar isi manual yang dapat menyita waktu.
Cara membuat daftar isi otomatis Windows 10

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2010, 2013 dan 2017

Hingga saat ini Microsoft Word keluaran tahun 2010 masih banyak digunakan. Meski demikian, umumnya cara membuat daftar isi di setiap versi itu tidak jauh beda.

Nah, pada kesempatan ini Overpins bakal menjelaskan bagaimana cara membuat daftar isi Word 2010 serta versi lainnya secara otomatis seperti cara membuat daftar isi otomatis di Word 2007.

Yuk, baca penjabaran serta langkah-langkah mudahnya sebagai berikut :

1. Aktifkan Fungsi Heading

Sebelum membuat daftar isi, pastikan setiap judul dan sub judul pada dokumen sudah menggunakan format heading. Hal Ini wajib supaya setiap judul yang sudah dibuat bisa terbaca pada daftar isi.

Untuk melihat fungsi heading sudah aktif atau belum, bisa lihat di toolbar sebelah kiri. Apakah sudah ada kotak toolbar berisi navigasi di bagian kiri layar.

Jika belum, harus diaktifkan dulu dengan cara klik view dan klik pada bagian Navigation Panel. Jika langkah ini berhasil, akan muncul daftar isi rincian heading 1 dan 2 di sebelah kiri layar.

2. Atur Format Fungsi Heading

Jika fungsi heading aktif, selanjutnya ialah menentukan bagian judul serta sub judul mana yang bakal ditampilkan dalam daftar isi.

Tahap ini sebenarnya tak perlu dilakukan jika daftar isi di sebelah kiri sudah sesuai dengan keinginan. Akan tetapi jika judul belum muncul, kamu dapat mengaturnya sendiri. Dengan mengikuti cara berikut 
  • Blok bagian judul
  • Klik Home
  • Kemudian klik Heading 1 untuk judul
  • Dan Heading 2 untuk sub judul

Ketika melakukan cara tersebut, umumnya format bakal berubah. Kamu dapat memilih setiap judul dan sub judul yang akan dimasukkan ke daftar isi, begitu juga dalam mengatur ukuran font, warna font, ataupun jenis font.

Cek lagi pada bagian navigasi kiri layar apakah judul yang sudah diaktifkan sebagai heading sudah benar atau belum. Sementara untuk bagian sub judul umumnya akan terlihat bertingkat di kolom navigasi tersebut.

Nah, judul serta sub judul yang tertera itulah yang bakal menjadi rangkaian daftar isi otomatis pada dokumen kamu.

3. Mulai Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Jika langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, maka sekarang saatnya mengikuti cara membuat daftar isi otomatis Windows 10 yang akan Overpoins jelaskan berikut ini.

Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah step-step yang harus dilakukan:
  1. Arahkan kursor pada halaman atau tempat daftar isi yang akan dibuat.
  2. Klik references di bagian toolbar atas.
  3. Kemudian pilih Table of Content di sisi paling kiri.
  4. Dan pilih model daftar isi, Namun pastikan pilihan tersebut automatic table atau daftar isi otomatis.
  5. Selanjutnya klik model daftar isi otomatis sesuai keinginan, dengan begitu hasil daftar isi otomatis akan muncul sangat rapi dan cepat.

Bagaimana, tidak sulit kan? Cara ini bisa dibilang paling mudah untuk diikuti. Disamping hasilnya rapi, pastinya tak perlu susah payah mencari cara membuat titik-titik daftar isi lagi.

Cara Mengedit Daftar Isi yang Sudah Jadi

Kadangkala, ketika daftar isi selesai dibuat, adasaja isi dokumen yang perlu diubah karena adanya kesalahan-kesalahan kecil. Dengan begitu, daftar isi pasti bakal ada perubahan.

Misalnya seperti kalimat judul serta sub judul yang diganti atau nomor halaman yang bergeser. Menanggapi hal tersebut, sebenarnya tak perlu kuatir lantaran semua bisa diatasi melalui perintah yang tersedia di Ms. Word.

Lantas, bagaimana cara mengedit daftar isi dengan mudah? Simak penyelesaiannya dibawah ini!
  1. Klik kanan salah satu poin daftar isi yang akan diedit.
  2. Kemudian Klik Update field.
  3. Lalu pilih Update page number only ( jika ingin mengubah nomor halaman ).
  4. Atau pilih update entire table ( jika yang diubah termasuk judul dan sub judul ).
  5. Dan atur sesuai keinginan

Penutup

Bagaimana, mudah kan cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Office Word? Demikian yang dapat Overpins sampaikan terkait cara membuat daftar isi otomatis di Word.

Dengan mengikuti cara diatas, tugas laporan skripsi pasti bakal terlihat rapih dan enak dilihat. Disamping itu, proses pengerjaannya terbilang lebih cepat jika dibandingkan dengan cara manual.

So, sampai jumpa di artikel Overpins selanjutnya. Selamat mencoba & semoga berhasil, ya!
Komentar