Cara Edit PDF Lewat HP Secara Online dan Offline di Laptop Juga Bisa

admin
Bagi yang kerap membuat dokumen berformat PDF, wajib mengetahui cara edit PDF berikut ini. Pasalnya, cara ini berguna jika ingin merubah isi file PDF tanpa harus mengganti format lain seperti .xls ataupun .doc.

Kesalahan mengetik dokumen merupakan hal yang lumrah dan semua orang pasti perah mengalaminya. Seperti halnya, lupa memasukan materi tertentu hingga kesalahan typo ketika mengecek dokumen PDF yang hendak dikirimkan.

Sekarang PDF atau Portable Document Format sangat familiar dan banyak yang menggunakannya lantaran format ini lebih rapi serta tidak berubah ketika membukanya dengan perangkat lain.

Namun sayangnya terdapat kekurangan dengan format ini, Apabila sudah selesai dibuat maka sulit pula untuk diedit. Oleh sebab itu, kamu harus membaca artikel ini hingga akhir.

Karena Overpins bakal memberikan beberapa cara praktis edit file PDF dengan mudah dan cepat yang bisa dilakukan menggunakan Laptop, PC atau HP baik secara online maupun offline. Berikut, mengenai penjelasan hal tersebut:
cara mengedit teks di pdf to word di laptop dan hp online dan offline gratis

Cara Edit PDF Offline

Overpins percaya, Cara edit PDF secara offline lebih diminati lantaran tak membutuhkan akses internet. Langkah ini lebih praktis karena memanfaatkan aplikasi yang umumnya sudah terpasang di Laptop mu.

Ada dua opsi mengubah PDF yang dapat kamu kerjakan, yakni lewat Microsoft Word dan Adobe Acrobat Reader. Silahkan disesuaikan dengan program yang kamu punyai di PC mu!

1. Lewat Microsoft Word

Nah, pertama, Overpins bakal berikan cara edit PDF di laptop dengan memanfaatkan Microsoft Word. Langkah ini sebenarnya nyaris serupa dengan cara mengubah PDF ke Word.

Tetapi lewat langkah ini, kamu tidak perlu ribet menyimpan file yang telah diganti ke ekstensi.doc atau.docx. Soalnya, kamu cuma memakai Microsoft Word sebagai perantara mengubah file saja.

Penting kamu pahami , bahwa edit PDF di Word memakai cara ini kadangkala bisa menyebabkan beberapa karakter menjadi tidak bisa dibaca. Walau demikian, cara ini tidak ada salahnya buat dicoba!
  1. Buka Microsoft Word di PC
  2. Lalu klik File lalu pilih Open
  3. Kemudian pilih file PDF yang ingin diubah
  4. Setelah itu klik OK
  5. Jika dokumen terbuka, klik Enable Editing
  6. Selanjutnya edit sesuai kebutuhan
  7. Kalau sudah selesai, klik File
  8. Pilih Save As
  9. Di bagian format, pilih tipe file.pdf
  10. Klik Save

2. Melalui Adobe Acrobat Reader

Apa kamu akrab dengan aplikasi Adobe Acrobat Reader? Yup, aplikasi ini sebagai satu diantara PDF reader terkenal bagus buat pengguna PC atau HP Android.

Tidak cuma membaca file PDF, aplikasi ini mempunyai fitur edit PDF yang amat simpel dan mudah digunakan. Kamu dapat mendownload aplikasi ini di website resmi Adobe.

Namun, aplikasi ini miliki ukuran lumayan berat, yakni 181MB . Sehingga, pastikan PC atau laptop mu mempunyai spesifikasi perangkat yang dianjurkan. Untuk langkahnya, silahkan baca cara edit PDF offline ini di bawah!
  1. Download aplikasi Adobe Acrobat Reader di sini.
  2. Lalu instal aplikasi tersebut
  3. Kemudian buka program yang telah terinstal
  4. Selanjutnya dihalaman utama, cari file yang mau diedit lewat menu My Computer
  5. Setelah itu pilih PDF tersebut
  6. Dan klik Edit PDF di kanan layar
  7. Kalau sudah selesai, klik File
  8. Pilih Save atau Save As

Cara Edit PDF Online

Nah, jika cara edit PDF offline di atas tidak berhasil, kamu dapat menggunakan platform online seperti Google Docs serta Sejda untuk mengubah file PDFmu.

Syaratnya, sudah pasti kamu harus mempunyai akses internet yang memadai. Kamu butuh browser yang mempunyai kompatibilitas tinggi dengan PC seperti Mozilla Firefox, Google Chrome atau Opera. Kalau sudah memenuhi semua syaratnya, silahkan ikuti langkah dibawah ini!

1. Melalui Google Docs

Apa kamu pernah memakai Google Docs untuk membaca dokumen dari Gmail serta Google Drive? Kamu juga dapat mengubah file berekstensi.doc,.docx,.xls, sampai.pdf dengan platform online garapan Google ini.

Langkahnya cukup mudah, tinggal ikuti cara edit PDF tanpa convert yang Overpins rinci berikut ini!
  1. Buka Google Drive
  2. Lalu unggah file PDF ke akun Google Drive
  3. Kemudian buka file PDF dengan Google Docs
  4. Selanjutnya klik Editing
  5. Setelah itu edit file PDF di halaman baru
  6. Kalau sudah selesai, klik File
  7. Pilih Unduh
  8. File PDF akan disimpan di PC!

2. Lewat Sejda

Ada banyak website yang dapat kamu gunakan untuk mengubah PDF, satu diantaranya Sejda PDF Editor. Di website ini kamu bisa mengubah isi file PDF secara online serta gratis, cuma perlu akses internet saja. Supaya lebih jelas, yuk, baca langkah edit PDF online ini di bawah!
  1. Buka website Sejda di sini
  2. Lalu klik Edit a PDF document
  3. Kemudian klik Unggah PDF file
  4. Selanjutnya pilih file PDF yang mau diedit
  5. Setelah itu edit sesuai kebutuhan
  6. Bila sudah selesai, klik Apply Changes
  7. Unduh file yang telah diedit dengan klik Download

Cara Edit PDF di HP dengan WPS Office

Kamu sedang ada di luar dan tidak bisa ubah PDF melalui PC? Tenang, perangkat handphone kamu dapat digunakan untuk hal tersebut.

Langkahnya adalah lewat aplikasi namanya WPS Office. Aplikasi ini diciptakan oleh WPS Software PTE, LTD dan sudah didownload 100 juta pengguna.

Seperti Microsoft Office, WPS Office sebagai aplikasi terintegrasi yang dapat membuka dan mengubah file dengan ekstensi.docx,.doc,.xls, serta.pdf. Ukurannya juga ringan jadi bisa kamu buka dengan HP tanpa ngelag. Langsung saja, baca cara edit PDF di HP di bawah ini!
  1. Download aplikasi WPS Office di sini
  2. Lalu pindahkan file PDF yang mau diedit ke penyimpanan HP
  3. Kemudian buka document tersebut
  4. Selanjutnya pada bagian Buka dengan... pilih WPS Office
  5. Setelah itu ubah sesuai kebutuhan
  6. Bila sudah selesai, simpan file pada umumnya

Cara Edit File PDF Hasil Scan

Oh iya, beberapa cara yang Overpins jelaskan di atas berlaku untuk file PDF yang dibikin lewat program Microsoft Office atau semacamnya. Lain lagi jika file PDF kamu ialah hasil dari scan.

Tenang, jika kamu punyai document fisik seperti lembaran buku, ijazah sekolah yang mau diedit, kamu dapat lakukan langkah ini, kok! Siapkan akses internet sebab cara edit PDF ini sifatnya online. Langsung baca petunjuknya di bawah!
  1. Buka PC, kunjungi situs Optical Character Recognition (OCR) di sini
  2. Lalu klik Select file.
  3. Kemudian pilih PDF hasil scan yang kamu punya
  4. Selanjutnya pilih bahasa yang dipakai di dokumenmu
  5. Setelah itu pilih Microsoft Word (.docx) di format file
  6. Dan klik Convert
  7. Kalau sudah berhasil dikonversi, klik Unduh Output File
  8. Lalu buka file yang telah diunduh
  9. Kemudian rapikan isinya sesuai keperluan
  10. Bila sudah selesai, klik Save As
  11. Dan pilih format PDF
  12. Klik Save
Sayangnya, tidak semua teks di file PDF hasil scan bisa dikonversikan ke teks dengan bagus. Apabila teks terlampau kabur atau tidak jelas, akan jadi lebih susah untuk sistem buat mengkonversikannya. Namun bisa kamu coba jadi opsi, kok.

Cara Edit PDF yang Terkunci

Password atau sandi PDF dipakai untuk membuat file terlindungi dan tambah aman. Tetapi, bakal menjadi problem jika kita tidak tahu password ini walau sebenarnya filenya harus direvisi.

Untuk dapat diedit, kata kunci file PDF tersebut mesti dilenyapkan terlebih dulu. Overpins bakal memaparkan langkahnya berikut ini.
  1. Buka PDF di aplikasi Adobe Acrobat Reader
  2. Lalu pilih Tools
  3. Kemudian klik Protect
  4. setelah itu klik Encrypt
  5. Selanjutnya klik Remove Security
  6. Dan klik Edit PDF di kanan layar
  7. Kalau sudah selesai, klik File
  8. Pilih Save atau Save As

Penutup

Akhir Kata, Itulah beberapa cara edit PDF secara offline dan online yang bisa kamu lakukan di PC maupun Android. Asal kamu mengikuti petunjuknya, cara ini tidak susah, kok.

Biar tambah aman, Overpins rekomendasikan kamu merevisi filenya di PC. Ini bermanfaat untuk membuat filemu tetap rapi formasinya serta tidak amburadul.

Namun, kalau lagi kepepet, kamu dapat mengubahnya di HP lewat aplikasi yang telah Overpins jelaskan barusan. Selamat mempraktikkan, ya!
Komentar